Makalah Marks & Spencer

KATA PENGANTAR

 

            Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dimana kami telah diberikan kesehatan untuk menyelesaikan tugas ini dan kepada kedua orang tua kami yang telah memberikan dukungan baik berupa moril dan materi, serta kepada Mr. Iman yang telah memberikan dukungannya kepada kelompok kami.

 

            Dimana tugas ini disusun sebagai hasil dari penelitian kami tentang produk-produk yang dijual oleh Marks&Spencer dapat masuk dalam pasar Indonesia. Kami berharap makalah yang kami susun ini dapat berguna bagi para pembaca.

 

            Tidak ada hal yang sempurna, begitu pula dengan makalah ini tidak luput dari kesalahan. Oleh karena itu, kami menunggu kritik dan saran yang bersifat membangun guna untuk kesempurnaan penyusunan makalah kami selanjutnya.

 

                                                                                                                        Penyusun

 

Sejarah marks and spencer

 

MICHAEL MARKS dilahirkan pada tahun 1863 di Byalstok – POLANDIA, dari keluarga miskin di perkampungan padat dan kumuh, dan ibunya langsung meninggal bersamaan kelahirannya. Sehingga MARKS dibesarkan oleh kakak perempuannya sebagai pengganti ibunya, dan ayahnya.

 

Negara Polandia dengan ibukota Warsawa ini merupakan negara yang banyak sekali kekacauan, apalagi dipicu dengan pembunuhan Tsar Alexander II pada tahun 1881. Hal ini semakin membuat kacau kehidupan keluarga MARKS, sehingga ayah MARKS harus menyuruh anaknya, MICHAEL MARKS untuk keluar dari Polandia, menyusul kakaknya yang telah lebih dulu berangkat ke INGGRIS.

 

Pesan ayahnya, yang selalu diingat MARKS: “Kalian harus KERJA KERAS dan HEMAT, agar hidupmu BAHAGIA”. Ayah MARKS juga memberikan petunjuk kepada MARKS agar mencari perusahaan bernama BARRAN CLOTHIERS di Inggris sana.

 

Kemudian MARKS juga berkata: “Ayah…Aku BERJANJI, akan BEKERJA KERAS. Dan aku akan BERBUAT yang TERBAIK bagi sesamaku. Aku bersumpah TIDAK MAU HIDUP SUSAH. Kalau MISKIN akan JADI BULAN-BULANAN orang saja. Huh…Aku NGGAK SUDI!”

 Dengan tekad bulat, MARKS berangkat ke Inggris untuk menemui kakaknya, dan… ternyata kakak perempuannya sudah meninggalkan Inggris dan pergi ke Amerika Serikat. Tapi MICHAEL MARKS pantang menyerah, dia kemudian mendatangi kota LEEDS, yang banyak orang senasib berasal dari Polandia. Kota LEEDS ini merupakan Kota Pelarian Polandia. 

Singkatnya, karena kemauan kuat dan tekad bulat untuk membuat perubahan lebih baik pada nasibnya, maka MICHAEL MARKS akhirnya berhasil bertemu dengan seorang pengusaha bernama ISAAC DEWHIRTS pemilik bisnis I.J. DEWHIRTS Ltd. Sebuah pertemuan tidak disengaja, karena pada awalnya MARKS mengira bahwa dia sedang bertemu dengan pemilik perusahaan BARRAN CLOTHIERS, yang ternyata perusahaan tersebut sudah hilang entah kemana.

Nah, di sini MARKS ditawari oleh ISAAC DEWHIRTS untuk membeli barang-barangnya buat berdagang. Tapi MARKS nggak mau, karena nggak punya uang, dan ingin menjadi pegawainya saja. Tapi ditolak oleh ISAAC, karena dia sedang nggak butuh pegawai baru. MARKS tetap bersikukuh akan mengabdi kepada ISAAC DEWHIRTS. Akhirnya ISAAC memberikan jalan tengah, MARKS dipinjami uang sebesar lima pounsterling, untuk mencari kerja di tempat lainnya saja.

            Tahu apa yang dilakukan MARKS dengan uang LIMA POUNDSTERLING itu? Dia bertanya ke ISAAC, apakah boleh membeli barang dagangannya…untuk dijualnya kembali ke orang lain! Luar biasa Prima! Sampai-sampai ISAAC nggak percaya. MARKS meyakinkan, bahwa dia akan berdagang keliling…door to door!

Sikap MARKS yang bisa kita jadikan teladan seperti ini: ramah, pandai bergaul, setia kawan, pekerja keras, bisa dipercaya, dan selalu menghargai orang. Sifat inilah yang membuat MICHAEL MARKS mendapat tempat di negeri asing.

            MARKS mulai menjadi Pedagang Keliling, yang dalam bahasa Inggris disebut BAGMAN. Awal berjualan keliling, dia selalu ditolak…bahkan sebelum dia membuka barang dagangannya.

Akhirnya dia berpikir, lebih baik menggelar barang dagangannya di sebuah tempat saja, dan berpromosi agar orang datang ke tempatnya berdagang, sehingga bisa langsung melihat dan memilih barang-barang dagangannya, sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. MARKS memilih menggelar barang dagangannya di tempat yang banyak dilalui orang, di perempatan jalan, di bawah pohon rindang. Dan berhasil, dagangannya cepat habis dibeli orang.

 Inilah Prinsip Dasar MARKS dalam bisnis: “selalu memakai keuntungannya untuk diputar lagi”. Saat awal berdagang, dari modal lima poundsterling, MARKS memperoleh delapan pounsterling, dia untung tiga pounsterling. Keuntungan ini diputarnya lagi sebagai tambahan modal. Dan, ISAAC sangat percaya kepada MARKS, sehingga memberinya kredit sampai 20 Poundsterling.

Pesan ISAAC kepada MARKS: “Bisnis bermula dari KEPERCAYAAN. Jangan sampai hal ini kamu sia-siakan”. Dan, MARKS selalu MEMEGANG TEGUH KEPERCAYAAN dari orang lain. Dia selalu tertib dalam membayar angsuran hutangnya! Sehingga itu menyenangkan orang yang memberinya hutang. MARKS dapat menunda kesenangan pribadi, dia hanya mengeluarkan biaya yang penting.

Prinsipnya: “Pengeluaran harus lebih kecil daripada pemasukan. Biaya pribadi hanya boleh untuk yang sangat penting.”

MARKS selalu memikirkan peningkatan kualitas dan kuantitas bisnisnya. Merasa jika berjualan di tempat terbuka bisa kurang aman dan kurang nyaman karena gangguan alam seperti panas terik dan hujan, maka dia mulai berpikir membuat tempat dagangannya dengan dilengkapi meja dagangan dan tenda di tempat terbuka yang lebih luas dan strategis. Ini dilakukan MARKS pada 1884.

Semakin bertambah macam barang dagangannya, membuat MARKS bingung memberikan tawaran harga kepada calon pembelinya. Dan, kebiasaan calon pembeli yang selalu menawar harga dagangannya, semakin membuatnya pusing. Caapee’ deeh…mungkin gitu kali.

TING…! Dia menemukan caranya. Agar dia tidak pusing dengan tawar-menawar harga dagangannya. Yaa, MARKS memutuskan untuk berjualan dengan hanya satu harga pas.

Barang dengan jenis serupa dijualnya dengan harga sama. Barangnya dikelompokkan berdasarkan jenis kegunaannya, dan dijual dengan harga sama di setiap jenis kegunaannya. Sehingga dengan begitu, MARKS dan calon pembelinya sama-sama dimudahkan. MARKS semakin ringan kerjanya, dan calon pembelinya juga semakin mudah memilih jenis barang dan harga sesuai kemampuannya.

MARKS selalu menjual barang dagangan yang berkualitas bagus, berbagai macam sesuai dengan kebutuhan orang, dan menyusun (display) barang dagangan dengan seindah dan semenarik mungkin.

Bisnis di tempat terbuka, meskipun ada meja dan tenda pelindung barang dagangan, pada saatnya membuat MARKS tetap tidak puas. Ini karena jika hujan, banyak calon pembeli yang mengurungkan niatnya untuk datang ke “lapak” MARKS ini.

Maka dia berpikir, dia harus bertempat di sebuah tempat tertutup, sehingga dia dan calon pembelinya sama-sama aman tidak kehujanan. Maka akhirnya MARKS memutuskan untuk bertempat di Pasar LEEDS, tetapi ada kendala modal kecil untuk menyewa tempatnya.

Dan, inilah sikap MARKS. Dia selalu meminta saran dari AHLINYA. Berbekal kemampuan bergaul dan kejujurannya, maka dia meminta saran ke ISAAC, yang memang selalu membantunya dari awal. Dan, ISAAC dengan senang hati selalu membantu MARKS.

Ingatlah ini, “Kepercayaan dan Kejujuran itu bagaikan mata uang, yang laku di mana saja, dan nilainya tidak terbatas.”

Waktu terus bergulir…… 

 

Kios MARKS di Pasar LEEDS semakin ramai dan semakin besar. Akhirnya MARKS memutuskan untuk mencari lokasi baru di luar. Akhirnya MARKS berhasil membangun Toko Baru dan cukup besar di kota CARDIFF, dan dinamainya Toko MARKS – CARDIFF.

 

Inilah yang memulai ide pasar marks, membuat serangkaian kios atau took dengan satu pimpinan, dan suplai barang juga terpusat dari kantor pusat tokonya. Mungkin Ide inilah yang sekarang sudah kita kenal sebagai bentuk bisnis cabang, franchise, kerjasama operasional, dll.

            MICHAEL MARKS menikah dengan HANNAH COHEN pada 1886. Dan keduanya dengan kekuatan cintanya bekerja bersama membesarkan bisnis MARKS. Putra pertama mereka lahir pada 1888 diberi nama SIMON MARKS, dan putri keduanya lahir pada 1890 diberi nama REBECCA MARKS.

            Cita-cita MARKS untuk semakin memperbanyak tokonya sampai tak terhingga jumlahnya, sangat didukung oleh istrinya. Meskipun buta huruf, MARKS sudah berhasil membuktikan janjinya dulu, bahwa DIA TIDAK MAU HIDUP SUSAH LAGI. Dan memang dia menepati janjinya itu.

            Toko MARKS sudah ada di beberapa kota, yang dinamainya sesuai nama kota tempat tokonya berada, setelah MARKS – CARDIFF, ada lagi MARKS – CASTLEFORD, MARKS – WAKEFIELD, MARKS – WARRINGTON, dan MARKS – BIRKENHEAD.

            Bisnis tokonya sedemikian cepatnya membesar, tanpa sadar modalnya semakin menipis dan dia mulai kesulitan modal untuk membeli barang dagangan untuk mengisi tokonya. Akhirnya dia datang ke ISAAC mengajaknya bekerjasama untuk membesarkan toko MARKS, tapi ditolak oleh ISAAC, karena ISAAC bisnisnya sudah jauh lebih besar dibandingkan MARKS. Tapi ISAAC tetap bersedia membantu dengan cara lainnya.

Ingatlah ini, jika Anda sudah memiliki sahabat sukses yang selalu bersedia membantu Anda, maka selalu jalinlah hubungan kekeluargaan dan emosi secara tulus, baik, dan selalu berkomunikasi secara “dua arah”. Juga tetaplah bersikap jujur dan bersahaja. Inilah yang membuat MARKS selalu memperoleh bantuan di saat yang tepat.

            Singkat cerita, akhirnya ISAAC membantu MARKS dengan memberinya keleluasaan untuk mengambil barang dagangannya, dan bisa membayarnya setelah barang tersebut laku terjual! Dia juga memperkenalkan MARKS kepada para produsen barang dagangannya itu, agar MARKS bisa langsung berhubungan.

            Ingat ini juga, pentingnya memperoleh referensi dari orang yang tepat dan terpercaya. Itu akan semakin memudahkan jalan bisnis kita.

            Bantuan berikutnya, ISAAC memperkenalkan STAFF AHLI PEMBUKUAN perusahaannya kepada MICHAEL MARKS, agar bisa membantu MARKS mengurus pembukuan keuangannya, mengingat MARKS seorang yang buta huruf orang itu adalah THOMAS SPENCER, yang usianya lebih tua daripada MARKS. Inilah langkah awal “leverage” bisnis MARKS & SPENCER dimulai.

Meskipun sebagai pemilik bisnis, MARKS memperlakukan THOMAS SPENCER seperti sahabat bahkan sebagai layaknya saudara. Jalinan emosi baik dan saling membangun ini semakin kuat diantara keduanya. Bekerja bersama dalam suka dan duka selalu dijalankan oleh MARKS & SPENCER ini. Bahkan membersihkan tokonya agar selalu terlihat bersih, dan rapih juga dilakukan bersama, sampai para pegawainya takjub dibuatnya.

            Toko MARKS semakin maju pesat dengan bantuan THOMAS SPENCER ini. Dan, pada 1891, mereka memindahkan kantor pusat dari LEEDS ke kota WIGAN, karena pertimbangan ada sekolah bagus buat anak-anak mereka.

            Pada saatnya, MARKS & SPENCER menghadap ISAAC untuk menyatakan bahwa SPENCER sebaiknya bekerja penuh di toko MARKS, bukan hanya sementara membantu saja. Dan, ISAAC membolehkannya, melepaskan staff ahli pembukuannya untuk bekerja penuh di toko MARKS.

            Bergabungnya SPENCER secara penuh di toko MARKS, semakin membuat toko MARKS maju pesat, membuka cabang diberbagai kota. Pada tahun 1903, toko MARKS sudah ada 40 Cabang. Dan MARKS berencana memindahkan lagi kantor pusatnya dari WIGAN ke MANCHESTER. Ini kepindahan kedua. Kantor awalnya dari LEEDS, terus ke WIGAN, lalu ke MANCHESTER.

            Berdasarkan nilai-nilai persahabatan sejati, kejujuran dan sikap saling membina dan mengemabngkan bisnis MARKS, maka MICHAEL MARKS memutuskan untuk melibatkan THOMAS SPENCER sebagai salah seorang pemilik tokonya.

            Akhirnya MARKS mengusulkan kepada SPENCER untuk mendaftarkan tokonya sebagai sebuah perusahaan berbadan hukum, pada tahun 1903, dan memberinya nama MARKS & SPENCER atau disingkat dengan M & S.

            M & S ini mendaftar dengan modal 30.000 Saham senilai 30.000 Poundsterling. Saham dibagi dua, masing-masing sebanyak 1.495 Lembar, yang 7 Saham dibagi ke anak dan istri mereka. Dan, ada sisa 3 Saham yang tidak dibagi sampai tahun 1906.

            MICHAEL MARKS dan THOMAS SPENCER, masing-masing menjabat sebagai Direktur sesuai kapasitasnya, yang sudah sangat disepakati oleh keduanya.

            Pada tahun 1905, dalam usia 53 tahun, THOMAS SPENCER meninggal dunia, yang membuat sedih MICHAEL MARKS. Dia merasa kehilangan seorang sahabat, saudara dan partner bisnis handal. Tapi MARKS teringat pesan terakhir SPENCER, agar usaha mereka berdua ini terus berkembang sampai beratus-ratus tahun kemudian, yang bisa diurus oleh anak-cucu keturunan mereka kelak.

            MARKS bangkit kembali dari kesedihan, bersemangat mengembangkan bisnisnya agar semakin besar dan mendunia. Toko-toko baru terus dibangun. Kualitas dan macam barang semakin diperhatikan, termasuk pelayanan, kebersihan, kerapihan, dan keindahan toko khas MARKS & SPENCER harus selalu ditingkatkan dan dipertahankan.

Perusahaan MARKS & SPENCER semakin berkembang pesat. Dari tahun 1903 sampai 1907, telah dibuka 24 Cabang Baru. Dan, pada akhir tahun 1907, perusahaan ini sudah memiliki 160 Cabang yang tersebar di seluruh Inggris!

            Pada akhir 1907 inilah MICHAEL MARKS mendapat tambahan tenaga manajemen, utusan keluarga THOMAS SPENCER, bernama WILLIAM CHAPMAN yang mewakili keluarga SPENCER untuk turut serta mengembangkan bisnis MARKS & SPENCER ini; meskipun hanya bekerja paruh waktu.

Di beberapa minggu menjelang pergantian tahun baru, MARKS seringkali jatuh sakit, dan semakin parah, yang pada akhirnya dia meninggal dunia pada 31 Desember 1907, dalam usia relatif muda, 44 tahun (1863 – 1907).

Sepeninggal MICHAEL MARKS, maka keluarga MARKS mengangkat teman dekat MARKS, yaitu BERNARD STEEL untuk menjadi Direktur yang mewakilinya, karena anak MARKS… yaitu SIMON MARKS masih terlalu muda berusia 18 tahun. BERNARD STEEL ini mendampingi WILLIAM CHAPMAN yang mewakili keluarga SPENCER.

Setelah 10 tahun SIMON MARKS mempersiapkan dirinya, maka dia akhirnya memegang tampuk pimpinan sebagai Direktur Utama MARKS & SPENCER, dan semakin mengembangkan perusahaan warisan ayahnya ini. Dia pun sempat masuk wajib militer, dan ikut berjuang sebagai juru tembak di kota PRESTON pada Perang Dunia I.

 

Setelah selamat dan selesai Perang Dunia I, dia kembali mengembangkan bisnisnya. Saingan tokonya pun mulai bermunculan. Hal ini membuat SIMON MARKS berangkat ke Amerika Serikat pada 1942 untuk menimba ilmu bisnis ritel, agar bisa bersaing dengan baik, dan memenangi persaingannya.

 

Setelah kembali pulang ke Inggris, SIMON MARKS merealisasikan idenya untuk membuat rangkaian TOKO BESAR yang dikenal dengan SUPERSTORE.

 

Ini strategi bisnis SUPERSTORE dari SIMON MARKS, yaitu: mengandalkan pasokan barang dagangan yang sangat beragam dan lancar sampai di toko, pusat harus bisa mencium perubahan selera pelanggan, sukses tergantung dari cepatnya toko bisa melayani keperluan pelanggan atas barang tertentu yang memuaskan hati para pelanggan, toko juga perlu punya intelijen untuk mempercepat alur informasi penting secara dua arah, dari Toko dan dari Kantor Pusat, semua tokonya sudah menggunakan mesin hitung otomatis, sehingga lebih mudah dan lebih cepat sistem kontrolnya.

            SIMON MARKS, saat belajar di Amerika Serikat, ada tiga hal yang dilakukannya untuk bisnisnya, yaitu: kebijakan harga, pengembangan toko, dan perbaikan organisasi bisnis.

Perkembangan M & S semakin melesat, bahkan antara Maret 1937 sampai dengan Maret 1939, jumlah cabang tokonya sudah mencapai 234 toko. Tahun 1939 jumlah pegawai M & S sudah melampaui 18.000 orang. Uniknya, para pegawai M & S ini selalu dididik untuk tetap berjiwa sederhana, dan hubungan antara atasan dan bawahan dilakukan secara pribadi, tidak kaku, dan bersifat informal.

 

Saat meletus Perang Dunia II, puluhan toko M & S hancur, rusak berat. Tetapi SIMON MARKS justru membantu membuatkan makanan bagi para pengungsi, dan juga membuatkan makanan SUP KALENGAN untuk menambah gizi pada keadaan darurat, untuk para tentara dan para pengungsi.

Kehebatan M & S yang lainnya lagi adalah selalu memperhatikan dan membantu keluarga para pegawai yang ikut berperang, dan tetap memberikan gaji nya.

Prinsip Bisnis M & S yang diajarkan oleh MICHAEL MARKS dan THOMAS SPENCER, adalah selalu berpikir praktis dan sederhana untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan, sehingga kesejahteraan pegawai juga meningkat. Jika pegawai puas, maka mereka akan kerja bersemangat! Seolah-olah toko milik mereka sendiri. Pegawai yang bahagia dan puas, merupakan harta / aset yang tak ternilai untuk setiap bisnis. Dan, inilah syarat dasar yang membuat usaha apa pun jadi unggul dan sangat menguntungkan.

Hebatnya nilai persahabatan dan persaudaraan, yang telah ditanamkan oleh MICHAEL MARKS dan THOMAS SPENCER pada saat awal mereka mulai berbisnis, sehingga sampai sekarang ini, barang dagangan M & S masih tetap dipasok oleh I. J. DEWHIRTS Ltd. milik ALAISTAIR DEWHIRTS…keturunan dari ISAAC DEWHIRTS…orang yang pertama kali menolong MICHAEL MARKS dalam berbisnis.

Persahabatan dan Cara Berusaha mereka yang baik dan benar, telah membuat Toko MARKS & SPENCER yang dikelola secara turun temurun, semakin menjadi besar dan tersebar di seluruh dunia…hingga kini.

 

Steeple Analysis

 

“ AMERIKA SERIKAT “

 

Social and Cultural

  • stereotypes

Jangan percaya pada stereotypes yang kamu mnugkin dengar di Amerika. Walaupun salah satu yang kamu dengar itu adalah sesuatu yang umum tetapi itu mungkin tidak terlalu  spesifik atau sebagian besar populasi. Sebagai contoh , walaupun mereke cenderung untuk menjadi lebih besar dan riuh dari pada kebudayaan orang lain, mungin banyak orang yang kamu ketemui itu pada umumnya tenang dan sopan. Beberapa orang mungkin tidak toleran, tetapi kebanyakan sangat bersahabat. Ingatlah bahwa amerika film dan pertelevisian membangun tenang ketertarikan kepada amerika.

Amerika cenderung melakukan kebiasaanyang itdak formal daripada kebudayaan lainnya. Biasanya amerika memakai pakaian sekolah untuk sekolah dan professor dengan nama depannya.walaupun demikian kebiasaan baik dan kesopanan selalu di hargai. Jika kamu sopan santun dan berpakaian sedikit formal daripada teman-teman amerika nya. Itu akan mencerminkan sesuatu yang baik padamu.

Namun, ada situasi dan keeadaan teetentu yang dimana kita harus manjadi resmi. Beberapa bisnis meminta karyawan-karyawan mereka untuk berpakaian formal. Bila kamu memakai kaos dan celana jeans bila ingin melakukan wawancara maka kamu akan tidak dihargai. Beberapa dari restoran yang mahal meminta pakaian customernya dengan kemeja atau dasi. Orang amerika cenderung memakai pakaian sesuai dengan acaranya. Pakaian formal biasanya di pakai pada saat pernikahan ataupun acara-acarany yang berkaitan dengan keagamaan.

ketahuilah stereotype orang amerika sebelum kamu sampai disini, bila kamu tidak mengetahuinya maka kamu akan mendapatkan malu. Beberapa stereotype yang umum yang ada di amerika :

  • sombong
  • Tidak menghormati atasan.
  • Pemabok
  • Boros
  • Rendah hati
  • Tidak mengindahkan kebudayaan lain
  • Santai
  • Mengutamakan keuntungan
  • Malas
  • Rasis
  • Kaya
  • Kejam dan tidak dewasa
  • Pelit
  • Berpikir bahwa dia tahu segalanya
  • Berpikir bahwa amerika ada diatas mereka

Kebiasaan orang kaya dalam bertransaksi :

  • Merencanakan pembeliad dengan matang
  • Meminta diskon
  • Meminta bon
  • Mengecek bon
  • Mengelompokkan pengeluaran

 

  • Jarak personal

Bila mana dua orang sedang berbicara dengan yang lainnya, mereka biasanya berdiri dengan jarak tertentu. Setiap individu mempunya jarak yang tidak terlihat. Bila lawan bicaranya melewati batasnya mereka akan mundur dan merasa tidak nyaman.

Yang menarik, rata-rata orang mempunyai jarak tertentu dan kebudayaan itu menjadi turun menurun, amerika lebih menuntut jarak yang personal dibandingkan dengan kebudayaan lainnya. Jadi jika kamu ingin terlalu dekat dengan mereka, lebih baik hal itu jangan di lakukan karena mereka akan menjauh. Hal ini perlu di perhatikan dan jangan berusaha untuk mendekati hal itu.

Juga, coba untuk hindari sentuhan fisik ketika kamu sedang berbicara, hal ini juga akan membawa ketidaknyamanan. Jangan merangkul mereka, menyentuh wajah mereka dan memegang tangan mereka. Menyalami mereka ketika kamu sedang bertemu itu dapat diterima.

 

  • Cara bertindak atau sikap

Orang amerka kebanyakan lebih tegas dari pada pengunjung internasional. Mereka selalu mengeluarkan opini mereka dan menyelesaikan tujuannya. Berbicara pada dirimu sendiri dan mencoba untuk mempengaruhi mengubah pandanganmu. Amerika serikat memupunyai sikap individual yang lebih, tekanan social yang rendah untuk di penuhi. Sebagaimana hasilnya akan sangat di butuhkan bilamana kamu lebih tegas dan separuhnya mencoba untuk berbicara pada diri sendiri. Ambilah inisiatif dan jadilah sukarelawan untum mencari informasi , itu akan sangat membantu dalam mencari pekerjaan. Bila sedang wawancara bicarakanlah tentang tujuan dan targetnya.

Jadi, orang amerika itu memulai diskusi dengan focus suatu tujuan dan fakta-fakta yang konkrit dan hasilnya menjadi susah untuk diuraikan. Jadi kamu harus memulai dengan percakapan atau proposal yang berisis informasi yang dibutuhkan. Secara langsung dan sikap hati-hati bilamana ingin memulai permbicaraanyang kecil. Untuk membatasi ungkapan orang Amerika lainnya, kamu harus mengambil langkah terbaik.

Tidak apa-apa untuk mengkritik opini orang lain, selama kamu masih memberikan kritik yang membangun.

Tatapan mata juga sangat penting. Tatapan mata bukan merupakan suatu tanda untuk menunjukan suatu sikap yang tidak sopan, tetapi didalamnya mengindikasikan mengenai keterbukaan, kejujuran dan semangat untuk mendengarkan percakapan itu.

 

  • Memberikan uang tips

Di restoran biasanya tidak di masukan charge di bon-nya, jadi kamu harus memberikan 15 % dari total bil. Tetapi jika pelayanannya terlalu lambat ataupun ada sebagian pelayanan yang kurang berkenan, beberapa orang amerika biasanya memberikan uang tips sekitar  10 %. Tetapi bilamana pelayanannya memuaskan, mungkin uang tip yang akan diberikan sekitar 20%. Jika  pelayanan dari restoran tersebut buruk makan orang terebut tidak akan makan lagi disana dan hanya meninggalkan 2 cen. Secara tidak langsung itu menyinggung perasaan, karena hal itu berkata kepada pelayan tersebut bahwa mereka tidak lupa untuk meninggalkan uang tips. Tapi hal dalam memberikan tip hanya untuk restoran yang makan meja, tetapi jika fast food tidak diperlukan untuk memberikan tip.

Supir taxi mengharapkan uang tip sekitar 15 % dari total biayanya, biasanya bila supir taxi tersebut sangat membantu untuk tiba di tempat tujuan kita, maka biasanya orang Amerika memberikan tip sekitar 20 %. Biasanya office boy menharapkan  1 $ untuk setiap pelayanan yang di berikannya.

 

  • Business Visits

 

Dalam bisnis, hal ini sangat di perhatikan. Jika kamu telat dalam menghadiri bisnis, itu akan merefleksikan sesuatu yang buruk tentangmu. Jadi cobalah untuk dating tepat waktu atau datang lebih pagi. Jika kamu sudah tahu kam akan datang telat diharapkan untuk menelepon kepala bagianmu

 

Jika bisnis yang dilakukan besamaan dengan makan, maka bila ingin membicarakan tentang bisnis hendaknyalah setelah mereka memesan makanan terlebih dahulu dan sampai semuanya telah duduk. Pendekatan atau sosialisasi di bicarakn setelah bisnis selesai di simpulkan bukan sebelumnya. Hal ini kontras dengan kebiasaan atau kebudayaan yang biasa ada. Dimana tujuan dari makan bersama itu untuk bersosialisasi dan saling mengenal sebelum melakukan bisnis.

 

  • Business Clothing

 

Pakaian bisinis juga sangat penting di Amerika Serikat. Jika pakaianmu tidak sopan pada saat wawancara  pekerjaan, kesempatan kamu untuk di promosikan aka berkurang. Kamu dapat menanyakan kepada teman Amerikamu pakaian apa yang pantas untuk wawancara dan carilah untuk pakaian yang bermerk bagus.

 

 

  • Peralatan elektronik

 

 Outlet elektronik di Amerika rata-rata bekerja dengan voltage 110-120volts, 60 putaran, jika barang anda memerlukan 220 volts, bawa sebuah transformer dan plug stop kontak.

Video tape yang di rekam oleh vcr negara lain blom tentu bisa di mainkan di vcr amerika. jika anda memikir untuk membeli komputer untuk di bawa skalian, anda mungkin akan lebih baik untuk menunggu sesudah sampai di Amerika.

 

 

Teknologi

Ø  Implikasi IT dan Internet

 

Di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat, IT dan Internet sudah betul-betul merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari. Dalam berbagai hal dapat kita lihat implikasinya. Berbagai dokumen dapat kita baca untuk melihat hal ini. Tulisan ini hanya membahas impl

 

Ø  Implikasi di bidang Pendidikan

 

Sejarah IT dan Internet tidak dapat dilepaskan dari bidang pendidikan. Internet di Amerika mulai tumbuh dari lingkungan akademis (NSFNET), seperti diceritakan dalam buku “Nerds 2.0.1”. Manfaat Internet bagi bidang pendidikan ialah

adanya Internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi malasah lagi. Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. Adanya Internet memungkinkan seseorang di Amerika untuk mengakses perpustakaan Negara lainnya

.

Kemudian di Amerika terdapat Distance learning dan virtual university merupakan sebuah aplikasi baru bagi Internet. Bahkan tak kurang pakar ekonomi Peter Drucker mengatakan bahwa “Triggered by the Internet, continuing adult education may wll become our greatest growth industry”.Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas? Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 50 orang. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja, darimana saja.

 

Ø  Implikasi di Bidang Bisnis

 

Internet di percaya menjadi salah satu penompang ekonomi Amerika Serikat. Karena melalui internet dapat mendobrak batasan ruang dan waktu. Sebuah perusahaan di Amerika memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pasar lainnya di belahan dunia. Contohnya mereka melakukan internet shopping, yang dimana hal itu memberikan kesempatan belanja melalui ruang lingkp internasional. Hal yang paling menarik dari internet shoping ialah memberikan pilihan terhadap masyarakat yang dimana tidak di berikan oleh toko.

 Demikian percayanya mereka kepada hal ini sehingga pemerintah Amerika sangat bersungguh-sungguh untuk menjaga dominasi mereka dalam hal ini. Berbagai inisiatif dilaksanakan oleh pemerintah Amerika Serikat seperti dapat dilihat pada dokumen-dokumen yang dapat diperoleh di Web site mereka:

“Digital Economy 2000” (diperoleh dari http://www.ecommerce.gov)

 

 

Education

 

influence

di USA analysis hokum ekonomi sangat berpengaruh, opini yang berkaitan dengan penggunaan ekonomi analisis dan teori hokum dan ekonomi dengan beberapa peraturan. Pengaruh ekonomi juga berpengaruh di pendidikan local. Banyak sekolah umum di Amerika Utara mempunyai keanggotaan dengan memiliki lulusan sarjana ekonomi. Banyak professional ekonomi sekarang belajar dan menulis diatas hitungan antara ekonomi dan doktri yang legal.

 

Rasional choice theory

Dalam akademi legal, hokum, dan ekonomi, di kritik sebagai dasar teory pilihan rasional di ekonomi membuat asumsi yang tidak realisitik yang sederhana tentang sifat alami dari manusia. Aplikasi hokum dan ekonomi menurut postner, yang mengandung pemerkosaan dan sex mungkin sebagai contoh ini. Kritik liberal gerakan hokum dan ekonomi , ditentang berdasarkan norma ekonomi analisis tidak dapat menangkap hal-hal penting tentang ham dan focus terhadap keadilan distribusi. Beberapa dari kritik yang paling berat tentang klasikal hokum dan ekomi datang dari gerakan hukum yang sangat gawat, pada bagian Duncan Kennedy dan Mark Kelman.

 

Economical

Sekarang banyak professional ekonomi belajar dan menulis tentang hubungan antara ekonomi dan doktrin yang sah. Amerika serikat menawarkan program yang berhubungan dengan ekonomi yang memungkinkan orang-orang akan ahli dibidang ini.

 

 

 

 

 

Kerajaan persekutuan

Kerajaan Amerika Serikat ialah di dalam bentuk kerajaan persekutuan. Perlembagaan Amerika Serikat menghadirkan kuasa kerajaan persekutuan kepada pertahanan, polisi luar negara, pencetakan mata uang, mengawal perdagangan, perhubungan antara negeri-negeri serta melindungi hak asasi manusia. Kerajaan persekutuan terdiri dari Kongres (cabang legislatif), Presiden (cabang eksekutif), dan Mahkamah Agung (cabang kehakiman). Ketiga-tiga cabang ini saling memeriksa dan mengimbangi antara satu sama lain.

Cabang legislatif

Kongres Amerika Serikat adalah dwidewan dan terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat.

Dewan Rakyatnya terdiri dari 435 anggota Kongres yang dipanggil “congressmen” atau “congresswomen”, yang dipilih oleh rakyat dari kawasan pilihan raya atau “congressional district” masing-masing.

Senat pula terdiri dari 100 ahli dipanggil Senator. Mereka dipilih oleh rakyat daripada setiap negeri tetapi berbanding dengan wakil rakyat. Bilangan Senator adalah sama bagi semua negeri yaitu dua Senator bagi setiap negeri.

Cabang eksekutif

Dipuncak cabang eksekutif ialah Presiden Amerika Syarikat. Presiden berkuasa untuk meluluskan undang-undang, dan memberi pengampunan dan perintah eksekutif. Beliau juga mempunyai tugas-tugas lain di bawah perlembagaan, antara lain memberi ucapan “State of the Union” kepada Kongres pada setiap tahun. Pemilihan Presiden Amerika adalah agak rumit karena ia memlibatkan pemilihan rakyat melalui sistem “Electoral College” atau perwakilan bagi setiap negeri di Amerika Serikat. Oleh itu, seorang calon Presiden mesti mendapat dukungan lebih 50% dari perwakilan negeri di Amerika Serikat.

Selain itu, terdapat pula ahli-ahli Kabinet, dan berbagai jabatan yang mereka libatkan, termasuklah Jabatan Pertahanan, Jabatan Kehakiman, dan State Department. Jabatan-jabatan tersebut dan ketua-ketuanya memegang kebanyakan kuasa politik dan juga melaksanakan undang-undang negara.

 

 

 

Cabang kehakiman

Mahkamah tertinggi negara adalah Mahkamah Agung Amerika Serikat, yang terdiri dari sembilan hakim. Antara lain, mereka berkuasa untuk mengisyhtiharkan undang-undang dimana-mana peringkat kerajaan sebagai tidak sah karena tidak mengikut perlembagaan. Presiden pun tidak terkecuali dan boleh dijatuhkan sekiranya dia tidak mengikuti perlembagaan. Kuasa ini yang dipanggil “power of impeachment” telah menjatuhkan beberapa presiden termasuk Presiden Nixon. Di bawah Mahkamah Agung ialah Mahkamah Rayuan, dan di bawahnya pula ialah mahkamah daerah, yang merupakan mahkamah perbicaraan untuk undang-undang persekutuan.

Kerajaan negeri

Di Amerika Serikat, kerajaan negeri merupakan pengaruh terbesar dalam kehidupan masyarakatnya. Setiap negeri mempunyai perlembagaannya yang tersendiri dan undang-undang yang berlainan meliputi harta, kesehatan jasamani dan pendidikan. Pegawai kerajaan yang tertinggi di sebuah negeri ialah Gubernur. Badan perundangan yang paling menarik ialah di New Hampshire, yang merupakan badan perundangan ketiga terbesar di dunia komunikasi Inggris, dan hanya mempunyai seorang wakil bagi setiap 3,000 orang. Dalam beberapa negeri, hakim mahkamah agung dan mahkamah rendah adalah dipilih oleh rakyat masing-masing; manakala di setengah negeri yang lain, mereka dilantik sama seperti mahkamah dalam sistem persekutuan.

Kerajaan tempatan

Institusi-institusi yang bertanggungjawab ke atas kerajaan tempatan seperti daerah, bandar raya ataupun bandar serta membuat undang-undang untuk kawasan tersebut. Undang-undang tersebut yang dikenali sebagai undang-undang kecil biasanya melibatkan kesalahan trafik, penjualan sandang, dan penjagaan binatang. Lazimnya, pegawai resmi yang tertinggi di bandar atau bandar raya dipanggil “Datuk bandar“.

 

“ INGGRIS “

 

Political

Geography

Inggris meliputi 2/3 pulau Britania Raya dan menerima batas darat di utara dengan Skotlandia dan barat dengan Wales. Sedangkan di selatan Inggris dipisahkan dengan Perancis oleh Selat Inggris. Letak astronomis : 50°LU – 61°LU dan 11°BB – 15°BB

Karena Inggris adalah Negara konstitusi terbesar, dikedua populasi dan area, jadi hubungan pemerintahannya berbeda dengan Negara skotlandia, wales,atau irlandia utar.  Ibukota inggris juga sebagai ibukota kerajaan inggris.  Dan bahasa yang dominant di gunakan oleh kerajaan inggris adalah bahasa inggris

Inggris adalah negara yang berbentuk kerajaan. Kepala negara dijabat oleh Ratu dan kepala pemerintahan oleh Perdana Menteri.

Politik di inggris adalah bagian dari politik yang besar dari kerajaan persemakmuran, dengan inggris sebagai salah satu negara pemimpin di kerajaan persemakmuran inggris

 

Membentuk perserikatan di tahun 1907, inggris menganut system pemerintahan monarki., dan dewan perwakilan inggris.  Sejak saat itu, inggris tidak memiliki pemerintahan sendiri. 

 

 

Politik sebelum ada parlemen

Parlement di inggris menganut ajaran Anglo Saxon Witenagemont.  Dimana ajaran tersebut menganut system feodalisme.  Sebelum kepala majelis dengan pendeta membuat peraturan.  Di tahun 1215 kepala majelis menyelamatkan dokumen MAGNA CARTA dari Raja John, yang didirikan untuk mencegah raja agar tidak menagih pajak retribusi atau menarik segala macam jenis pajak( kecuali pajak feodalisme yang sudah biasa sampai sekarang).  Izin yang terselamatkan oleh dewan kerajaan, dimana bertumbuh secara perlahan menjadi parlemen.

Setelah menjadi parlemen persemakmuran inggris menciptakan bendera sebagai symbol Negara mereka.

 

 

 

 

 

 

Legal

Hukum di Inggris menganut system kerajaan, jadi peraturan ditentukan oleh Raja dan perdana menterinya, namun lain dengan Negara kerajaan lainnya, di Inggris dipimpin oleh Ratu.  Karena hal itu, maka tidak ada hukum yang jelas untuk penduduknya.  Jadi, kalau kita menjadi penduduk Inggris kita hanya perlu berkelakuan baik dan jangan mencari-cari masalah dengan gangster atau pengedar narkoba karena polisi disana tidak dapat membantu kita.  Kecuali bila kita mempunyai teman, kerabat atau keluarga yang bekerja di parlemennya.

 

 

 

 

Kebiasaan orang inggris

  • Harus berkelakuan baik
  • Mereka tidak boleh mencari masalah

7P

 

Marks and Spencer

 

 

“ Process “

MS merupakan retailer terbesar d UK, dalam membentuk process, ditahap ini  item yang telah terjual perharinya merupakan bagian dari penurunan stock yang ada. Seperti kebanyakan para pengecer, MS mendapatakn stock baru dari pusat distribusi. Oleh karena itu  level Stcok MS tidak akurat dan disebabkan  beberapa hal :

Stock tidak selalu dihitung ketika datang.

Lokasi stock di Mannequins selalu tidak tersedia ketika dijual ke public.

Adanya penyusutan dari stock yang tersedia.

Karena adanya data yang tidak akurat pada stock level, akibatnya ketidak akuratan tersebut berdampak pada kosongnya stock di gudang. Dan akibatnya banyak pembeli yang kabur karena barang yang mereka inginkan tidak ada.

 

People

 

Karena MS merupakan perusahaan terbesar di dunia, dan pastinya terkenal, maka sikap dari para staff haruslah baik, ramah, sederhana , harus bisa menguasai serta memahami semua jenis produk yang dijual, agar ketika ada calon pembeli yang bertanya, ia bisa menjawab dengan tepat. Oleh sebab itu training untuk calon karyawan sangatlah diperlukan. Pada saat mereka ditraining, mereka diajarkan dari yang paling mendasar sekali, sampai akhirnya mereka dapat menguasai produk yang dijual. Hubungan yang terjalin antara atasan dan bawahan sangatlah baik, karena hubungan mereka bersifat terbuka satu sama lain atau informal. Sehinnga dengan cara seperti ini, mereka measa saling aman satu sama lainnya. Dan terlihat dari sikap para karyawan yang selalu tersenyum. Akses ke masyarakatpun terlihat cukup baik, karena banyak juga orang yang memperhatikan perusahaan ini. Dan hubungan antara perusahaan dan costomer pun terjalin bregitu baik, jika ada sesuatu yang baru dari perusahaan ini, para staff langsung segera memberitahukan kepada costumerny tersebut.

 

Produk

Women

All Womenswear

Per Una

Plus

Tall & Long

Petite

Maternity

Bridal

Shoes

Accessory Shop

Beuty & Skincare

Lingerie

All Lingerie

Lingerie Collections

Bras DD+

Hosiery & Socks

Nightwear & Slippers

Entertainment

Books, CDs & DVDs

Men

All Menswear

Big & Tall

Shoes

Accessories

Made To Measure Shirts

Kids

All Kidswear

Babywear

Younger Girls

Younger Boys

Girlswear

Boyswear

Schoolwear

Toys & Games

 

Price

 

Delivery Service

This takes

Cost

Standard delivery:
Clothing, homeware, selected technology & wine cases

 

Selected technology & homeware items including large game items

3- 5 working days when the product is in stock*

 

 

7 working days

£3.50

Standard delivery:
Gift vouchers

2 – 4 working days Monday to Friday Royal Mail

£3.50

Nominated day delivery:
Clothing, homeware, selected technology & wine cases

24 hours when order is placed by 12 noon

 

£4.95

 

 

Nominated day delivery:
Gift vouchers

24 hours when order is placed by 12 noon
Monday to Saturday Royal Mail

£4.95

Nominated day delivery:
Flowers and wine gifts

24 hours when order placed by 5pm**

No extra charge

Nominated day delivery:
Fruit baskets

24 hours when order placed by 1pm**

No extra charge

Standard delivery:

Flowers by Post (delivered by Royal Mail)

Within 3 working days

No extra charge

Standard delivery:

Furniture

 

     Furniture To Go

 

2 – 8 weeks

 

2 weeks

 

Free

 

Free

Standard delivery:
Large technology items including large TVs

Within 2 weeks

Free

Standard delivery:
Large appliances

7 working days

Free

Standard delivery:

Made to Measure Shirts

Within 21 days

Free

~ by irene clarissa on September 19, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: