Youth Marketing

Youth marketing

 

I. Analisis dan pembahasan

Youth marketing adalah pasar yang empuk menurut para marketer, karena anak muda pada umumnya bersifat dinamis.

BELLSHAPE

Dari kurva innovation adopter, Anak-anak muda pada umumnya berada pada posisi early adopter di banding kan dengan orang tua yang sedikit skeptic dalam hal perubahan. Anak—anak muda cenderung lebih menyukai hal-hal baru yang menurut mereka hal ini menantang bagi mereka. Contoh fashion, fashion pada zaman sekarang begitu cepat berubah tetapi anak –anak muda begitu cepat mengikutinya.

Dan juga Keunikan yang dimiliki youth market membuat marketer harus berpikir bagaimana untuk memenangkan persaingan. Youth market memiliki peluang lebih besar untuk menolak pesan yang dirancang marketer. Kunci kesuksesan memenangkan hati youth market antara lain melalui musik, olahraga, fashion, video, game dan teknologi. Sebagai contoh, banyak program marketing dengan menggunakan musik dan ternyata berhasil.

Pada prinsipnya youth marketing adalah istilah yang umum digunakan dalam dunia marketing dan advertising untuk menjelaskan aktivitas seperti apa untuk berkomunikasi dengan kaum muda, terutama pada kisaran umur 8 tahun hingga 34 tahun. Secara lebih detail, youth marketing terbagi menjadi tween marketing yang menyasar umur delapan  hingga 12 tahun, teen marketing pada umur 13 tahun hingga 17 tahun, college marketing untuk yang berusia 18 tahun hingga 21 tahun dan young adult marketing untuk yang berusia di atas 22 tahun.

untuk itu bapak fabian dari Kfc indonesia memasuki pasar tersebut. Beliau merubah segmentasi nya menjadi youth segmentaion. Karena menurut beliau pasar anak muda begitu dinamis selain itu anak muda mempunyai buying power yang sangat kuat, jadi anak muda tersebut dapat mengerakan keluarganya juga untuk menjadi customer dari kfc. Bapak fabian memasuki pasar anak muda dengan menggunakan musik. Salah satu band yang berhasil di popularkan oleh kfc ialah band juliet. Dari band tersebut brand awareness dari Kfc meningkat karena ketika orang –orang mendengar kata band juliet pastinya mereka akan ingat kfc lah yang mempopularkan nya. Dan juga penghasilan dari Kfc secara otomatis akan meningkat secara significant melalui performa band juliet tersebut.

Cara kfc memasarkan band juliat tersebut ialah dengan cara memutar lagu tersebut di setiap counter Kfc di indonesia dengan begitu orang secara tidak sadar lagu tersebut akan terekam ke dalam otak kita selanjutnya ialah setiap orang yang membeli produk kfc akan di tawarkan Kfc. Kemudian lagu-lagu dari band juliet banyak yang di putar di Ftvc, radio , sinetron dan lain-lain sehingga hal itu meningkatkan brand awareness dari pada Kfc dan juliet juga.

Bagan Kfc

KFC

Kfc memasuki pasar anak dengan menggunakan jalur musik yang bersifat universal melalui band promotion yang dibuatnya seperti band juliet, bonus dan sebagainya. Dari promosi Kemudian meningkatlah brand awareness daripada kfc yang juga meningkatkan profit dari pada kfc itu sendiri.

Kemudian toyota, ia juga ingin memasuki pasar anak muda sebagai pasarnya juga, karena sama seperti bapak fabian, anak muda merupakan segmentasi pasar yang potensial  besar dan baik bagi para marketer. Untuk itu lah toyota juga memasuki pasar dari anak muda ini. Pada awalnya positioning dari toyota itu sendiri ialah family car kemudian untuk memasuki pasar anak muda ia membuat satu produk yang di design untuk para anak muda yaitu produk toyota yaris. Toyota yaris itu sendiri di design dengan model yang stylish cocok untuk anak muda yang secara fashion juga mementingkan style dan didesign dengan friendly user. Saingan dari produk toyota yaris itu sendiri ialah swift dari suzuki, jazz dari honda.

Toyota yaris juga menggunakan taktik marketing yang baru yaitu horizontal marketing yaitu dimana para customer dapat juga berkomunikasi dengan toyota yaris dan mereka dapat berbagi cerita. Cara toyota yaris mengunakan horizontal marketing itu ialah dengan membuka facebook yang dimana facebook tersebut lagi sangat di gemari oleh anak-anak muda dan dalam facebook itu sendiri menunjang bagi para customers untuk bermunikasi dengan toyota yaris itu sendiri. Dan juga toyota yaris juga membuat comunity yaitu di mana kegiatan community yaris tersebut dapat mengeksresikan diri mereka ke dalam mobil yaris tersebut karena anak muda juga cenderung suka untuk bebas mengekspresikan diri mereka. Dari horizontal marketing tersebut maka lahirlah word of mouth yang dimana para consumer dari pada yaris tersebut bercerita keuntungan dalam memakai yaris yang nantinya akan meningkatkan penjualan dari pada yaris tersebut.

 

II. Respon untuk seminar Youth marketing

Dari pembahasan yang telah di sampaikan oleh Kfc dan Toyota yaris bahwa youth marketing tersebut merupakan pangsa pasar yang baik karena mereka bersikap dinamis dan mereka merupakan orang-orang yang mempunyai power buying yang cukup besar karena mereka dapat mempengruhi juga orang tua mereka untuk menjadi customer. dan untuk menggapai pangsa pasar tersebut kita harus menyesuaikan dan mencari tau apa yang mereka inginkan dan bagaimana sikap mereka dalam kehidupan sehari-hari atau dalam menggunakan produk atau mengunakan pendekatan seperti apa untuk meraih pangsa pasar anak muda.

Kemudian hal lainnya ialah gunakan tehnology baru yaitu horizontal marketing dan bukan lagi vertical marketing. Karena dalam horizontal marketing akan mendapatkan hi reach with low budget, yang dapat di sesuaikan dengan ekonomi dunia sekarang yang sedang mengalami krisis ekonomi. Dan juga dalam horizontal marketing kita lebih dapat mengetahui apa yang mereka rasakn karena kita dapat dekat dengan para customers and consumers karena kita menjalin komunikasi dengan mereka. Dan bagi para perusahaan yang masih menggunakan metoda vertical sebaik nya dirubah. Ada kalimat dari salah seorang marketer “ change or die”.

~ by irene clarissa on September 28, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: